Tuesday, 22 January 2013

PILGUB Lampung JADI di Tahun 2013

DPR menggelar rapat kerja dengan Kementrian Dalam Negeri untuk membahas kepastian jadwal pemilukada 43 daerah, Senin (21-1). Hasilnya, pilgub Lampung bersama 42 daerah lainnya digelar 2013.

"Hasil rapat komisi 2 dengan pemerintah tadi siang memutuskan 43 daerah termasuk Lampung pemilukadanya dilakukan tahun ini," kata anggota komisi 2 Nurul Arifin.

Menurut dia, rapat tersebut memutuskan pemerintah harus segera membuat Peraturan pengganti undang-undang (perpu) yang isinya memerintahkan semua jabatan kepala daerah yg habis masa baktinya tahun 2014 untuk dimajukan pada 2013 pemilukadanya.

"Akan ada PP yg mengatur tentang peralihan dan kompensasi dari perpu tersebut. Semua harus menaatinya," kata politisi partai Golkar tersebut saat dihubungi usai RDP.

Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono juga mengaku sudah mendapat kepastian jadwal hasil pertemuan DPR dengan kementrian dalam negeri tersebut. Untuk itu, KPU Lampung mulai menyiapkan tahapan pilgub Lampung Oktober 2013. Persiapan meliputi rekrutmen penyelenggara dan pembagian kelompok kerja.


“KPU saat ini sedang mempersiapkan tahapan pilgub Lampung yang akan dimulai bulan depan. Kita natural saja sesuai dengan tahapan yang sudah kita buat,” kata Nanang Senin (21-1). Menurut dia, KPU Lampung masih menggunakan jadwal berdasarkan hasil rapat pleno yang sudah ditetapkan pilgub Lampung 2 Oktober 2013. "Dasar KPU Lampung ini telah diperkuat dengan hasil kesepakatan antara DPR dengan mendagri. Kami berharap semua menghormati keputusan itu," ujaarnya.

Anggota KPU Lampung Edwin Hanibal mengatakan, KPU Lampung juga sedang menyusun pembagian pokja untuk pelaksanaan Pilgub. Pokja yang sudah disusun tersebut kata Edwin adalah pokja rekrutmen penyelenggara, pokja pencalonan, pokja kampanye dan audit kampanye, pokja sosialisasi, pokja logistik dan dokumentasi, serta pokja pemungutan dan penghitungan suara.

“Pokja ada banyak nanti akan dibagi kepada lima komisioner KPU Lampung,” ujar dia.

Selain membagi pokja, KPU Lampung juga akan merekrut petugas pemilihan kecamatan (PPK) dan kelompok petugas pemungutan suara (KPPS). Petugas itu nantinya akan menjadi penyelenggara pilgub Lampung dan pemilu legislatif 2014.

“Jumlah PPK yang akan kita rekrut sekitar 1.255 orang. Semuanya akan dilakukan pada Februari 2013 atau sesuai dengan tahapan yang sudah kita buat saat penetapan jadwal,” ujarnya.

No comments:

Post a comment