Tuesday, 20 January 2015

Pilkada Pesbar 2015 Dihelat KPU Lambar




RADAR LAMPUNG ONLINE   SELASA, 20 JANUARI 2015
BANDARLAMPUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Barat (Lambar) bakal ditugaskan menghelat Pemilihan Kepala Daerah Pesisir Barat (Pilkada Pesbar) 2015. Penugasan berdasarkan permintaan KPU Lampung ini bakal dilaporkan ke KPU RI.
Komisioner KPU Lampung M. Tio Aliansyah mengatakan, lembaganya memberikan perhatian khusus kepada Pilkada Pesbar yang kali pertama diselenggarakan tahun ini. Hal itu juga telah dibicarakan dalam rapat koordinasi (rakor) pilkada KPU RI yang digelar pekan lalu.
”Pesisir Barat yang merupakan kabupaten pecahan Lambar termasuk dari 204 daerah di Indonesua yang harus menggelar pilkada pada 2015,” kata Tio kepada Radar Lampung usai rakor bersama KPU delapan kabupaten/kota yang akan menggelar pilkada di aula KPU Lampung, Senin (19/1).
Nah, karena kpu Pesbar belum terbentuk, maka KPU RI meminta pilkada diselenggarakan oleh KPU Lambar sebagai kabupaten induk atau KPU Lampung. Dari hasil rakor kemarin, KPU Lampung meminta KPU Lambar yang menyelengarakan pilkada. Alasannya karena di Lambar tidak ada pilkada sehingga memiliki waktu luang.
Jika diselenggarakan KPU Lampung, justru akan memecah konsentrasi untuk supervisi terhadap pilkada tujuh kabupaten/kota lainnya. Dari letak geografis pun, Lambar lebih dekat dengan Pesisir Barat. Sehingga, efektifitas kinerja pilkada akan lebih fokus jika dihelar KPU Lambar.

Sementara, lanjut Tio, Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat saat ini sudah mengusulkan kepada Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) untuk bisa membuat rekomendasi terkait pembentukan sekretariat kpu. Sayangnya, kementerian ini salah persepsi.
Kemenpan RB hanya membalas surat dari KPU RI yang menyatakan bahwa pilkada diselenggarakan oleh DPRD sehingga pembentukan sekretariat KPU daerah otonomi baru (DOB) seperti Pesisir Barat dianggap tidak perlu. Hal ini pun sudah diklarifikasi oleh KPU RI.
”Mudah-mudahan dalam waktu dekat ada rekomemdasi terkait pembuatan sekretariat. Harapan kita, bisa berjalan lancer, tinggal menunggu payung hukumnya,” kata bendahara Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PW NU) Lampung ini.
Sebelumnya, menghadapi pilkada Pesbar, parpol di Pesisir Barat baru DPC PDIP setempat yang menggelar penjaringan balonkada. Hingga penutupan penjaringan Sabtu (17/1), lima balonbup mengembalikan berkas. “Kelimanya adalah Oking Ganda Miharja, Dr. Aryusmar KRT, Hi. Juwilir Syam, Alsaqiq Hafid dan Hi.Herman Dulaimi, S.H. sementara pendaftar balonwabup tak ada sama sekali,” tandas ketua panitia penjaringan balonkada PDIP Pesbar Sudarmansyah. (dna/p4/c1/gus)

No comments:

Post a comment