Friday, 10 April 2015

KPU RI Gelar Raker Penyuluhan Draf PKPU Pilkada



Jakarta, kpu.go.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar Rapat Kerja (Raker) Penyuluhan/Pembekalan Peraturan/Keputusan Komisi Pemilihan Umum terkait Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota dengan KPU Provinsi Seluruh Indonesia, Kamis (9/4).

Raker tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman yang sama antara KPU Pusat, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota dalam melaksanakan fungsi atribusi wewenang yang diberikan oleh Undang-Undang Penyelenggara Pemilu.

“Kami (KPU) memandang perlu untuk menyamakan persepsi kita bagaimana KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota dalam melaksanakan atribusi wewenang yang diberikan oleh Undang-Undang penyelenggara pemilu maupun Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 beserta perubahannya, Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015,” tutur Komisioner KPU RI, Ida Budhiati.

Penyelarasan persepsi tersebut penting karena KPU secara kelembagaan memiliki tanggung jawab yang sama dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah secara serentak.

“Karena penyelenggaraan pemilu ini dilakukan serentak, dan menjadi tanggung jawab kita bersama maka penyamaan pemahaman ini menjadi sangat utama. Kami (KPU) tidak ingin ada perbedaan dalam standar penyusunan produk hukum di tingkat provinsi dan di tingkat kabupaten/kota,” lanjut Ida.

Selain memberi persepsi yang sama terkait pelaksanaan atribusi wewenang sesuai peraturan yang berlaku, Ida memaparkan bahwa tujuan dari raker itu untuk menyamakan prosedur dalam menyusun dokumen hukum lainnya. 

“Kedua kita perlu menyamakan pemahaman dalam menyusun dokumen hukum lainnya, seperti berita acara. Sehingga setiap orang bisa membaca dan memahami prosedur penyusunan dokumen KPU provinsi ataupun KPU kabupaten/kota. Karena dari berita acara pun memiliki potensi untuk dicari kelemahan penyelenggara pemilu, tandasnya.

Komisioner KPU RI, Arief Budiman yang membuka acara mengingatkan peserta raker untuk mengikuti forum tersebut hingga tuntas. Ia berharap acara tersebut dapat memberi manfaat bagi persiapan dan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah serentak.

"Saya berharap teman-teman semua bisa mengikuti acara ini dengan selesai, karena kita tidak punya waktu panjang. mudah-mudahan acara ini bisa memberi manfaat untuk kita semua," tutur Arief. (ris/red. FOTO KPU/dosen/Hupmas)

No comments:

Post a comment